Rabu, 03 Februari 2010

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SSD DIBANDING HARDISK

Kelebihan:
1.Kecepatan random access untuk proses reading data lebth cepat, karena tidak membutuhkan head untuk bergerak melakukan proses read/write.
2.Read /atencyjauh lebih kecit, di mana menyebabkan apiikasi yang dijatankan meiaiui SSD akan jauh febih cepat dibandingkan dengan harddisk.
3.Performa untuk read akan febih stabil, karena pencarian lokasi data tidak tergantung pada letaknya data tersebut.
4.Tidak bersuara, karena tidak menggunakan part yang bergerak atau hanya mengandalkan chip saja.
5.Untuk kapasitas SSD kecil, biasanya memerlukan daya yang sedikit dan panas yang dihasilkan juga tidak tinggi.
6.Realibilitas mekanis di daiamnya lebih tinggi, di mana tidak banyak digunakannya part bergerak di dalam SSD yang menyebabkan hampir tidak akan terjadi Mechanical Failure pada SSD. Berimbas pada kemampuannya tahan terhadap benturan, goncangan, terjatuh, dan perubahan suhu.
7.Temperatur untuk bisa dioperasikan lebih baik, di mana SSD masih mampu beroperasi pada suhu 70° C. Sedangkan hardisk biasa hanya pada kisaran 5-55° C.
8.Berat SSD jauh lebih ringan dibandingkan harddisk biasa.
9.Jika terjadi kerusakan, biasanya terjadi pada saat proses writing atau saat penghapusan data. Bandingkan dengan hardisk biasa yang biasanya jika rusak akan terjadi pada saat proses reading. Jika kerusakan terjadi pada saat proses write, maka data akan dialihkan ke lokasi yang tidak rusak. Namun jika terjadi kerusakan pada saat proses read, biasanya data akan terhapus atau akan error selamanya.

Kekurangan:
1.Harga yang masih cukup mahal. Untuk SSD harga per giga- byte-nya sekitar US$1.50 sampai US$3.45. Bandingkan de¬ ngan harddisk konvensioanal yang hanya berharga US$0.38 per gigabyte-nya.
2.Kapasitas yang jauh tertinggal dibandingkan harddisk konvensional. Meskipun saat ini sudah ada SSD berkapasitas 1TB, namun sifatnya masih eksperirnental. Sedangkan untuk harddisk konvensional, kapasitas 1 TB ini sudah benar-benar ada dan sudah bisa dijumpai di pasaran,
3.Write/erase cycle yang terbatas untuk 5SD. Hanya bisa ber- tahan untuk 1,000 sampai dengan 10,000 kali write cycles atau maksimal 100,000 kali write cycles. Bandingkan dengan hardisk konvensional yang bisa tahan sampai 1-5 juta kali write cycles. Ini berpengaruh pada performance SSD itu sendiri, semakin lama SSD digunakan maka performa akan menurun dengan sendihnya.
4.Kecepatan write yang iebih iambat dibandingkan dengan hardisk konvensional. SSD biasanya biok yang digunakan adalah dari 0.5 - 1 megabytes.
5.SSD yang berbasis DRAM (bukan berbasis flash) memerlu¬ kan daya yang lebih tinggi dari hardisk konvensional untuk beroperasi. la tetap akan memakan daya meskipun computer Anda dalam keadaan menyala. Hal ini tidak akan terjadi pada harddisk konvensiona!.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar