Minggu, 14 September 2014

MELACAK PONSEL ANDROID YANG HILANG

 Jika ponsel Android anda hilang? ketinggalan? atau dicuri orang? sebenarnya anda bisa melacak ponsel yang hilang tersebut berdasarkan IMEI. Hanya saja cara ini membutuhkan kerjasama dari operator. Database berupa nomor IMEI dari ponsel yang digunakan akan muncul di operator ketika tersambung dengan SIM card mereka. Namun sepertinya di indonesia belum ada aturan yang bisa membuat orang awam meminta bantuan dari operator untuk melacaknya. Sepertinya data tersebut masih dianggap bagian dari privasi dan hanya bisa diakses pihak berwajib untuk kepentingan khusus saja. Namun jangan khawatir, beberapa smartphone android sudah menyiapkan fitur pelacakan yang akan membantu anda jika smartphone anda hilang, tertinggal, atau lupa menyimpannya di mana. Lakukan hal ini sejak pertama kali anda membeli ponsel Android atau sehabis factory reset.
Masukkan akun Google atau Gmail. Masuk ke Setting> Security> Device Administrator, dan centang dibagian Android Device Manager. Pastikan juga di bagian Setting Location di centang bagian> Let Google app access your location dan GPS Satellite. Untuk anda yang sudah memakai ponsel Android dengan OS KitKat, pilihan setting location di High Accuracy.
Untuk anda yang sudah terlanjur kehilangan smartphone Android. bisa mengakses posisinya via web browser ke alamat: http://www.google.com/android/devicemanager
Masukkan akun Google/Gmail yang dipakai di ponsel Android anda, maka akan terbuka menu untuk melihat posisi ponsel android anda, bahkan anda bisa membunyikan, mengunci atau menghapus datanya.
Bisa juga tanpa melalui browser.
image
dengan menginstalkan aplikasi Android Device Manager pada ponsel Android lain. Caranya:
Hidupkan Android Device Manager
1. Buka Google Settings dari menu perangkat aplikasi Anda.
2. Sentuh Android Device Manager.
Anda dapat mengaktifkan opsi opsi berikut:
Tenemukan perangkat ini. Cari perangkat Anda yang menunjukkan perkiraan lokasi yang ada di Google Maps. Untuk perangkat yang menjalankan OS 4.1 dan lebih tinggi, akses lokasi juga harus diaktifkan. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Google Setelan> Lokasi> lokasi Access.
Bolehkan kunci jauh dan factory reset. Mengunci perangkat Anda dan menghapus segala sesuatu di dalam nya.
Anda juga dapat mengunkunci layar passcode. Sentuh opsi ini, kemudian pilih Aktifkan untuk mengaktifkan perangkat Administrator.
image
Selain cara di atas, masih banyak lagi aplikasi untuk melacak ponsel android yang hilang, salah satunya Third Party yang bisa di instal. bahkan diantara nya bisa terintegrasi dengan aplikasi antivirus. Salah satu aplikasi yang bagus yang bisa memberitahukan dan memotret pencurinya bahkan ketika simcard di ganti adalah Cerberus Anti Theft. Bisa diunduh di Playstore.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar